22 TIPS MUDAH MEMILIH BAJU UNTUK ANAK LAKI LAKI & PEREMPUAN

kaiu indonesia
Memilih Baju Untuk Anak Laki Laki dan Perempuan Sesuai Syari, Namun Tips Memilih Pakaian Untuk Anak Laki-Laki Tentu Berbeda Dengan Memilih Pakaian Untuk Anak Perempuan. Momen Spesial Seperti Lebaran, Memilih Baju Lebaran Untuk Anak Laki-Laki dan Perempuan Sesuai Syari Pasti Berbeda, Inilah Sedikit Tips Membeli Baju Untuk Anak.


Keinginan kita sebagai orang tua membelikan baju untuk anak selalu terkesan dipaksa tanpa memikirkan bagaimana baju tersebut nantinya dipakai, apakah nyaman atau tidak baju ketika dikenakan. Hal ini terkadang dipengaruhi oleh tayangan televisi, bagaimana gaya baju yang dipakai oleh para artis cilik, dan akhirnya kita sebagai orang tua terpengaruh untuk membelinya yang sebenarnya bukan keinginan kita. Memilihkan baju untuk anak kita apakah mempertimbangkan bagaimana tren yang sedang berkembang atau mempertimbangkan apakah baju tersebut disukai oleh anak kita, atau bisa jadi baju yang kita belikan hanya kesukaan kita sebagai orang tua saja yang memilihkannya.

Para produsen baju anak seakan berlomba-lomba memberikan yang terbaik, memberikan banyak pilihan warna dan opsional lainnya, tidak tanggung-tanggung malah terkadang kesannya baju yang dijual terlalu berlebihan. Dengan gaya yang ternyata tidak sesuai dengan anak, sehingga ketika baju dikenakan oleh anak kita, dengan umur yang belia si anak memakai gaya layaknya orang dewasa. Ini memang sungguh prihatin, para produsen baju ternama pun, seakan tidak bisa membedakan yang mana rekaan model baju untuk anak dan yang mana model baju untuk orang dewasa, semua dianggapnya sama saja. Tapi bagaimanapun juga, kita sebagai orang tua memang berhak menentukan baju seperti apa yang kita kenakan untuk anak, apakah itu baju yang terlihat aurat si anak atau menutup aurat si anak. Tapi ingatlah, dalam Islam, mungkin terkesan hal sederhana, namun yang seperti itu akan dipertanggungjawabkan, jadi bijak-bijaklah dalam memilihkan baju untuk anak.

Berikut, mungkin bisa dijadikan referensi tips bagaimana memilih baju untuk anak laki-laki dan perempuan yang saya sadur dari beberapa artikel. Semoga membantu kita sebagai orang tua menentukan pilihan mana yang terbaik untuk anak kita. Secara umum tips memilih baju untuk anak sebagai berikut.

  1. Memilih Baju Anak Dari Kualitas Bahan
  2. Model Baju Yang Sesuai Untuk Anak
  3. Menentukan Warna Baju Untuk Anak
  4. Baiknya Pilihkan Baju Yang Sopan Untuk Anak
  5. Harga Baju Tidak Menjadi Masalah Selama Nyaman
  6. Baju Anak Lebih Baik Berwarna Cerah
Bahan Baju | Yang paling penting sebelum membelikan baju untuk anak, adalah menentukan kualitas bahan baju seperti apa yang sesuai untuk anak kita. Bahan baju yang nyaman tentunya menjadi pilihan, karena ketika dipakai oleh anak, dengan segala aktifitas anak dapat menyesuaikan. Bahan baju anak ini juga harus disesuaikan dengan umur anak kita, jika anak masih berumur balita sangat penting memilihkan bahan baju yang menjaganya tetap hangat. Bahan baju ini pun harus mempertimbangkan kondisi musim, sangat tidak sesuai jika musim sedang panas anak dipilihkan baju berbahan dasar yang hangat. Karena bahan baju ada yang hangat dan ada juga yang dingin ketika dikenakan oleh anak. Beberapa orang tua memilih bahan baju untuk anak yang dapat menyerap keringat, karena mempertimbangkan aktifitas anak yang begitu aktif. Bijaklah dalam memilih bahan baju untuk anak kita, jika tidak mengerti tentang bahan baju yang sesuai, pastikan kita membeli baju anak di toko baju yang mengerti akan bahan baju yang bagaimana yang sesuai untuk anak.

Model Baju | Setelah mengerti bahan baju yang sesuai untuk anak kita, bagaimana bahan baju di musim yang panas di musim yang dingin, maka kemudian kita sebagai orang tua dapat memilihkan model baju yang pas untuk si anak. Model baju mungkin akan dipengaruhi oleh banyak hal, bisa jadi tren yang sedang berlangsung, atau momen tertentu seperti lebaran dan banyak lainnya. Namun ada baiknya dalam memilih model baju, pilihlah model baju yang tidak hanya tapi juga sopan, sebagai keluarga muslim pastinya harus memilihkan model baju yang sesuai syari. Sebab, bagi keluarga muslim untuk memilihkan baju merupakan tanggung jawab orang tua.

Warna Baju | Memilihkan model baju yang sesuai pasti semua sudah bisa, tapi ada beberapa hal yang mengganjal. Pernahkah ketika dipakaikan ke anak, baju tidak terlalu menarik apakah sebab warnanya atau modelnya. Beberapa orang tua ada yang beranggapan tiap karakter anak menjadi pertimbangan untuk memilih warna baju. Sebabnya tidak semua anak yang menyukai warna tertentu dan ada juga yang tidak menyukai warna-warna tertentu. Nah, bagaimana jadinya jika warna baju tersebut dipaksa untuk dikenakan ke anak.

Baju Yang Sopan | Untuk memilihkan baju yang sesuai pada anak kita, sebagai orang tua pastinya tidak ingin membeli baju yang tidak sopan dan terkesan baju tersebut tidak pantas dikenakan untuk anak-anak. Nah, lebih baik memilihkan baju yang sopan yang pantas untuk dikenakan di berbagai momen keluarga saat pergi bersama.

Harga Baju | Seberapa bagus dan nyaman orang tua pasti memikirkan hal itu, apakah sesuai harga yang ditawarkan dengan klasifikasi baju yang akan dibelinya. Bahkan beberapa baju anak ada yang harganya hampir mirip dengan baju orang dewasa, siapa yang mengira. Namun, jika baju tersebut nyaman dan bagus sesuai dengan klasifikasi kita sebagai orang tua, harga seharusnya tidak menjadi persoalan yang serius.

Warna Baju Ciri Khas Anak | Sekilas tentang karakteristik warna, ada yang beranggapan memilih baju sesuai warna juga akan membantu si anak untuk bergerak aktif dan ceria. Misalkan warna biru, akan terkesan anak bersahabat, ini akan sesuai dengan karakter anak yang ramah, atau karakter anak yang pendiam namun orang tua ingin anaknya aktif dan ramah, bisa saja. Carilah referensi psikologis warna sebelum membeli baju, mungkin ini bisa dapat dijadikan referensi. Pada akhirnya, memilih warna harus juga disesuaikan dengan model baju dan juga baju tersebut dikenakan untuk apa, jika baju tidur tidaklah diharuskan memilih warna cerah.

Sedikitnya, semoga menjadi referensi untuk memilih baju yang sesuai untuk anak kita, nah berikut saya rangkumkan tips bagaimana memilih baju anak sesuai syari.


MEMILIH BAJU UNTUK ANAK LAKI-LAKI SESUAI SYARI


  1. Memilih Celana Anak Yang Longgar
  2. Memilih Kaus Berkerah atau Kemeja
  3. Memilih Baju Koko Kasual
  4. Memilih Baju Yang Mudah Menyerap Keringat
  5. Koleksi Baju Atasan Polos
  6. Memperhatikan Aksesoris Pakaian
  7. Kaus-kaus Islami

Secara umum anak laki laki juga perlu mengenakan baju yang syari untuk membiasakan anak agar berpenampilan syari sejak dini. Sehingga bukan anak perempuan saja yang dipilihkan baju sesuai syari untuk dikenakan. Setidaknya dalam memilih baju anak laki laki yang sesuai syari.

Yang pertama, jangan menyerupai pakaian perempuan. Yang kedua, jangan menampakkan aurat. Yang ketiga, jangan terbuat dari emas atau sutra. Hikmah membiasakan anak laki laki mengenakan baju sesuai syari adalah mengajarkan kesederhanaan, tidak bermewah-mewah, karena . Hikmah membiasakan anak laki laki mengenakan baju sesuai syari adalah mengajarkan kesederhanaan, tidak bermewahl umumnya emas dan sutra adalah pakaian dan perhiasan untuk perempuan. Tentunya haram bagi laki laki untuk menyerupai perempuan, maka sebagai orang tua ada baiknya bijak dalam memilihkan baju anak laki lakinya.

Memilih Celana Anak Yang Longgar | Walaupun demikian, dalam hal memilih celana anak ada baiknya mengedepankan kenyamanan saat dipakai. Dan biasanya celana yang begitu ketat atau sempit akan tidak nyaman ketidak digunakan untuk anak. Maka sudah seharusnya memilih celana anak yang longgar, dan pastinya harus menutup aurat anak laki laki. Menurut syari aurat laki laki adalah antara pusar sampai lutut, lebih baik mengenakan celana panjang untuk anak laki laki. Jika pun ingin mengenakan celana pendek, usahakan melebihi lutut kaki agar celana sesuai syari

Memilih Kaus Berkerah Atau Kemeja | Ternyata tidak semua jenis baju yang sesuai dengan semua momen. Misalkan saja, kau berkerah tidak akan sesuai jika digunakan untuk momen santai, dan kemeja tidak akan sesuai dengan aktifitas anak yang aktif. Bahkan untuk memilihkan baju sesuai momen liburan keluarga pasti berbeda pula. Maka orang tua harus bijak dalam memilihkan baju yang sesuai untuk anak, apakah itu kaus berkerah atau kemeja. Lebih baik pilihkan kemeja dengan variasi yang simple ataupun kaus berkerah yang sederhana, agar bisa masuk di semua momen bahagia.


Memilih Baju Koko Kasual | Untuk momen spesial seperti lebaran atau momen keluarga lainnya, baju koko menjadi pilihan yang sangat sesuai. Namun, perlu dimengerti perbedaan baju koko dengan kemeja, karena tentunya keduanya pasti berbeda. Perbedaan terletak pada bentuk kerah baju koko, potongan baju, dan ornamen pada umumnya. Baju koko biasanya ada ukiran bordir, walaupun demikian ada juga yang tidak memiliki bordir, baju koko biasa.

Memilih Baju Yang Mudah Menyerap Keringat | Untuk para orang tua yang hendak memilihkan baju untuk anaknya, perlu diperhatikan bahan baju yang akan dibeli. Karena walaupun baju terlihat keren, akan tidak nyaman jika bahan baju tidak menyerap keringat. Dan bahkan anak laki laki yang penuh dengan aktifitas, pastinya harus memilh baju berbahan yang nyaman.

Koleksi Baju Atasan Polos | Untuk membelikan baju atasan ada baiknya polos, tidak terlalu banyak corak untuk anak laki laki. Dan bahkan, keuntungannya jika baju atasan polos dapat dipadupadankan dengan segala jenis celana dan sesuai untuk segala momen.

Memperhatikan Aksesoris Pakaian | Menambahkan aksesoris, seperti topi dan jam tangan masih terbilang tidak menyalahi ketentuan syari. Namun untuk memilihkan aksesoris pakaian ada baiknya disesuaikan dengan jenis pakaian atau motif pakaian yang dikenakan.

Kaus kaus Islami | Tren kaus islami sangat berkembang akhir akhir ini, dengan kutipan hadis, dengan desain yang menarik, dan banyak lagi. Sangat menyenangkan bila dikenakan oleh anak kita, para orang tua baiknya memilihkan kaus kaus islami yang tidak terlalu berat pembahasannya, lebih baik yang mudah dimengerti untuk anak .


MEMILIH BAJU UNTUK ANAK PEREMPUAN SESUAI SYARI


  1. Memilih Model Gamis Yang Syari
  2. Memilih Model Gamis Anak Yang Lucu
  3. Memilih Warna Model Gamis Yang Cerah
  4. Memiliih Kualitas Gamis Yang Terbaik
  5. Ukuran Gamis Yang Pas
  6. Sesuaikan Warna Baju Dengan Warna Kulit
  7. Sesuaikan Baju Dengan Aktifitas Anak
  8. Sesuaikan Baju Dengan Bentuk Badan Anak
  9. Pilihlah Atasan Jilbab Yang Nyaman

Sebagai orang tua, merupakan tanggung jawab memilih pakaian untuk anak perempuannya. Sebab apa yang dikenakan oleh anak perempuan kita, merupakan bentuk mendidik anak berbusana yang sopan sejak dini. Ada baiknya, membiasakan anak perempuan memakai pakaian syari jika di luar rumah, bukan hanya momen lebaran saja barulah berbusana muslim. Dalam memilih baju muslim untuk anak perempuan, sedikit tips untuk para orang tua sebelum membelikannya

Memilih Model Gamis Yang Syari | Sebagai orang tua, sudah seharusnya mengerti bagaimana model gamis yang syari. Karena memilihkan baju untuk anak perempuan kita, sama dengan orang tualah yang harus bertanggung jawab, kebanyakan orang tua tidak mengerti hal ini hanya mengedepankan tren yang sedang berkembang.

Memilih Model Gamis Anak Yang Lucu | Untuk baju anak perempuan, pastinya harus kelihatan menarik, berbeda dengan anak laki laki yang harus keren. Gamis anak perempuan, dengan paduan dan kombinasi renda atau manik manik umumnya akan terlihat anggun.

Memilih Warna Model Gamis Yang Cerah | Ketika memilihkan gamis untuk anak, tidak hanya menarik, warna gamis juga harus diperhatikan. Untuk mendukung semangat anak, ada baiknya memilihkn gamis berwarna cerah agar anak terlihat selalu riang dan bahagia.

Memiliih Kualitas Gamis Yang Terbaik | Nah, kita juga harus mengerti bagaimana bahan dan kualitas dari gamis yang akan kita beli untuk anak perempuan kita. Jangan sampai gamis yang kita pilihkan ketika dipakai oleh anak perempuan kita, ternyata tidak nyaman dan menimbulkan kegerahan.

Ukuran Gamis Yang Pas | Ada baiknya ketika memilihkan baju gamis untuk anak, pastinya kita tau bagaimana perkembangan tubuh anak perempuan kita. Pastikan memilih baju gamis anak kita yang tidak terlalu pas di tubuhnya, lebih baik menjaga jaga pilihlah baju gamis untuk 1 atau 2 tahun lebih umurnya untuk antisipasi bajunya bisa dipakai lama tidak kekecilan



Sesuaikan Warna Baju Dengan Warna Kulit | Mungkin memilihkan baju anak, tentunya identik dengan desain baju, namun jangan salah dalam memilihkan baju untuk anak perempuan kita. Bagaimana warna kulit anak, juga perlu diperhatikan sebelum menentukan warna gamis untuk dikenakan anak perempuan kita.

Sesuaikan Baju Dengan Aktifitas Anak | Aktifitas anak kita tidak bisa dibatasi, ada baiknya menyesuaikan bagaimana aktifitas anak sebelum memilihkan gamis untuknya. Tidak mungkin dengan aktifitas anak yang aktif, gamis yang dipilihkan terlalu banyak ornamen, alangkah baiknya gamis polos agar terkesan santai dan sesuai.

Pilihlah baju yang sesuai dengan aktivitas anak anda. Jika anak anda merupakan anak yang pendiam, anda dapat memberikan baju berupa gamis dengan ornament bunga. Namun pilihlah baju yang berornamen bunga tidak terlalu ramai. Sehingga akan terlihat lebih natural dan cantik

Sesuaikan Baju Dengan Bentuk Badan Anak | Beberapa orang tua juga mempertimbangkan bentuk badan anak perempuan mereka dalam memilihkan gamis untuknya. Bentuk badan yang kurus tidak mungkin akan dipilihkan gamis yang terlalu lebar, sebabnya harus sesuai dengan bentuk badan anak perempuan kita

Pilihlah Atasan Jilbab Yang Nyaman | Dalam hal memilihkan atasan gamis seperti jilbab, lebih baik yang nyaman ketika dipakai. Untuk apa dengan modle yang bagus, ternyata ketika dipakai tidak nyaman. Ini yang beberapa orang tua keliru ketika memilihkan jilbab untuk anaknya.

img: pinterest contributor: zndr

Nah, berikutlah tips yang tim ummiabi sadur, semoga dapat menjadi referensi ketika liburan keluarga tiba untuk memilih baju anak laki laki dan perempuan sesuai syari.

0 komentar